kelebihan n kekurangan GSCA

Thursday, November 3, 2011
Setelah aku mempelajari GSCA selama berbulan-bulan ini aq jadi sedikit bisa menyimpulkan GSCA Kelebihan dan  Kelemahan GSCA.
Kelebihan :
·         Tidak memerlukan asumsi distribusi tertentu misalnya distribusi normalitas.
·         Bisa menggunakan indikator formatif maupun indikator reflektif secara bersamaan.
·         Dapat menghindari adanya faktor indeterminansi.


Kekurangan :
·         GSCA menggunakan metode bootsrap untuk menghitung standar error dari estomator. Metode bootstrap adalah resampling data dari data sample sebanyak B kali bootstrap. Cukup efektif untuk menghindari asumsi normalitas multivariate. Namun dalam kondisi indikator yang hanya termasuk indikator formatif, standar errornya sangat fluktiatif dari run pertama terhadap run kedua dan seterusnya. Hal ini berpengaruh terhadap statistik hitung yang nantinya berpengaruh terhadap pengambilan keputusan yang berubah-berubah.. Karena nilai statistik hitung adalah estimasi dibagi standar error estimasinya. Sedangkan pengambilan  keputusan di ambil bila statistik hitung > statistik tabel maka estimasinya signifikan yang berarti ada hubungan. Namun bila statistik hitung < statistik tabel maka estimasinya tidak signifikan berarti tidak ada hubungan.
·         Software GSCA yang ada saat ini , belum memasukkan pembaharuan yang menangani multikolinieritas . Sebenarnya Mr. Heunsung Hwang telah mengajukan pembaharuan GSCA untuk menangani multikolinieritas akibat kompleknya model GSCA, namun belum memasukkannya disalam software GSCA . (berdasarkan email langsung ke MR Hwang).


Setiap metode memang tidak ada yang sempurna, masing-masing punya kelebihan dan kekurangan masing-masing. Namun apa yang telah q ungkapkan di atas hanya sekedar pemikiran q saja, mohon kritik dan saran jika da yang salah dari pemikiran saya tersebut .

3 comments:

rhyesa said...

Mbak boleh minta link buat download software nya GSCA??

rhyesa said...

Mbak, boleh minta link buat download softwarenya GSCA?

nuinuyui said...

muup rhyesa baru buka blog.

ni link na.
http://www.sem-gesca.org