Euforia Saat Menonton Timnas U19 , Indonesia Vs Korea Selatan

Sunday, October 20, 2013
Ini pertama kalinya aku nonton pertandingan resmi Timnas secara langsung, pertama kalinya  nonton timnas  di GBK dan untuk yang kedua kalinya duduk di deretan penonton menyaksikan pertandingan di GBK.
Sebelumnya nonton di GBK saat Tour Liverpool 2013 juli lalu. Rasanya sungguh amazing, ikut tegang , ikut bergembira bersama ribuan pendukung Tim Merah Putih lainnya. Kemenangan Timnas juga yang menjadikan sesuatu yang istimewa kali ini. Kemenangan yang bukan hanya sekedar cetakan gool semata, kemenangan yang memang sangat diidamkan para pendukung  kemenangan karena permainan cantik Tim Garuda Jaya itu.


Niat awalnya sebenernya mau nonton Timnas Senior , namun karena Timnas lagi kena hukuman ga boleh ada pendukung dan waktunya yang mepet dengan mulainya hari kerja jadinya aku bersama rombongan (padahal cm bertiga) memilih untuk nonton Timnas U19 ini. Alhamdulillah pencarian tiketnya mudah, bisa online, ga perlu repot2 antri. Kami (rombongan bertiga) memutuskan untuk membeli tiket tribun . Tiket yang cukup terjangkau untuk kalangan bawah seperti kami ini. 



Saat memilih tiket tribun kami sudah bertekat untuk berangkat awal agar kebagian tempat yang strategis. Tapi tidak berjalan sesuai tekad awal, keasikan foto-foto diluar dan sibuk muterin GBK buat nyari tmn bikin kami sedikit telat. Alhamdulillah kami masih mendapatkan tempat yang lumayan meskipun bukan didepan, angle tempatnya enak,, tepat ditengah. Saat kami masuk GBK belum penuh. Perlahan penonton mulai masuk namun yang terlihat penuh bagian tribun, bagian bawah terihat lengang.



Ada yang menarik dari barisan penonton di belakang gawang. Bendera merah putih raksasa berkibar di barisan penonton. saya beruntung bisa mengabadikan momen tersebut. Mungkin karena ini pertama kalinya saya menonton laga resmi Timnas saya merasa amazing banget dengan atribut-atribut yang dibawa penonton. 



Hujan turun dengan lebat saat laga berjalan (kasian banget ngliat timnas keujanan). Ternyata ada untungnya enggak dapetin tempat didepan , kami terhindar dari cipratan air hujan. Hujan lebat ini merusak gaya tika-tiki timnas. Aliran bola mengalir dengan tidak sempurna, sering terhenti karena lapangan yang tergenang air. Namun meski begitu timnas tetap memainkan permainan cantik. Timnas korea kelihatan kesulitan dengan kondisi lapangan yang tergenang tersebut. mereka tidak terbisa dengan lapangan becek sepertinya (yaiyalaaaah).  Dengan adanya hujan lebat ini menunjukkan bahwa pemain timnas u19 ini memiliki  bakat alami yang luar biasa. mereka bisa memainkan bola dengan baik. Secara teknik bagus banget, mereka bermain dengan pantang menyerah. Mereka terlihat tenang menghadapi tim juara bertahan. Mereka juga terlihat percaya diri saat mengatur serangan. Mereka tidak ragu bergerak kedepan. Pertahanan merekapun kokoh. Apa yang mereka perjuangkan dilapangan sungguh luar biasa. 

Trio Evan Dimans, M.Hargianto dan Zulfiandi tampil perkasa di laga ini. Cara mereka memainkan bola dilini tengah sungguh luar biasa. Tak hanya Mereka bertiga yang bermain perkasa semuanya memainkan peran dengan baik .Umpan-umpan mereka  akurat. Cara mereka merebut bola, mempertahankan bola bagus. Kami dideretan penonton kagum dengan aksi mereka. Penonton di belakang ku pun sering berdecak kagum. "Mereka benar-benar berbakat" kata penonton belakangku. "Mereka sering maen di kampung sambil ujan-ujanan" ada juga yang nyeletuk demikian.  Ada juga yang nyeletuk "edaaaaan, muckhlis keren". ada juga yang nyeletuk "ayo mainkan tempo" . 

Permainan mereka bener-bener menghibur. Mereka bermain dengan mental juara, membuat kami yang menontonpun optimis dan berharap. Saat mereka mengatur serangan, saat mereka berlari ke arah gawang Korea Selatan, kami berteriak -teriak . Apalagi saat gol, suasana sangat riuh. Kami lompat-lompat kegirangan. Yah itulah sensasi yang bisa didapat saat menonton langsung. Sungguh merasa beruntung bisa menyaksikan mereka bermain. 


Hal yang perlu di bahas adalah lapangan, iya lapangan. bisa dilihat dari gambar di atas ini. Lapangannya bener - bener tergenang air. Makanya pada menit 42 dengan terpaksa permainan dihentikan. Sungguh ironis memang. GBK ini stadion kebanggaan Indonesia, stadion utama Indonesia. Sangat disayangkan. Stadion kebanggan Indonesia terlihat seperti rawa saat  di guyur hujan. Bingung juga sih,, padahal setiap PSSI ngadain pertandingan  , penontonnya jarang sepi.  Berharap banget stadionnya kayak yang di wembley. hihihi ngimpi kali yaaak. 








Hal yang paling menyenangkan adalah melihat ekspresi pemain timnas beserta pelatih dan jajaran pengurus timnas u19 ini seusai pertandingan. Saat anak-anak itu berlarian sambil membawa bendera, saat mereka bersama-sama melakukan sujud syukur, saat mereka  berjalan mengelilingi lapangan. Cara mereka mengekspresikan kegembiraan lucuuu,, yaah selayaknya anak-anak seusia mereka. Mereka ngegemesin bangeeeeeet. 

Dengan kemenangan ini Indonesia lolos ke putaran final piala Asia U19 di Myanmar 2014. Mereka lolos dengan poin sempurna , 9 poin. Korea selatan juga lolos karena merupakan peringkat kedua terbaik dari semua runner up. Jadi ga sabar menantikan putaran final piala Asia tahun depan. Semoga Timnas U 19 ini mampu bermain cantik  dan sukses. Berharap mereka tidak berhenti fase grup saja. Berharap mereka mampu terbang setinggi-tingginya. Semoga aja mereka tidak jumawa dengan keberhasilan mereka di piala AFF dan kualifikasi grup kemaren. Semoga mereka tetap fokus, tetap rendah hati dan tetap optimis menghadapi tim-tim besar Asia nantinya. :)

Love u Timnas Indonesia. Berharap Hari esok kita tetap menang.  :)



0 comments: